post image
Zuzana Caputova
KOMENTAR

NAMANYA Zuzana Caputova. Lahir di Bratislava, 21 Juni 1973.

Kemarin (Sabtu, 15/6), politisi Partai Pregresif Slovakia ini dilantik sebagai Presiden Slovakia. Presiden wanita pertama di negara Eropa berpenduduk 5,5 juta jiwa ini.

Alumni Fakultas Hukum, Universitas Comenius ini pernah bekerja di kantor pemerintah di Pezinok. Pertama sebagai asisten departemen hukum, dan kemudian menjadi deputi walikota. Dari kantor walikota Pezinovik, Zuzana pindah ke Open Society Foundation.

Zuzana juga dikenal sebagai aktivis antikorupsi dan lingkungan hidup bersama Greenpeace.

Dalam pidato pelantikan sebagai presiden, wanita berusia 45 tahun itu menegaskan pejabat negara yang telah terbukti tidak mampu memberantas korupsi harus hengkang dari jabatan mereka.

Zuzana Strapavoka juga berjanji akan membuat sistem peradilan bekerja dengan adil bagi semua orang.

“Di bawah konstitusi, martabat dan hak setiap orang setara. Tidak ada seorang pun yang berdiri di atas hukum,” ujar Caputova.

“Terlalu banyak orang merasa bahwa ini tidak sepenuhnya kenyataan di negara kita. Perasaan ketidakadilan telah tumbuh dan telah menunjukkan dirinya dalam seruan untuk perubahan dan kesopanan tetapi juga dalam kemarahan atas sistem,” sambung ibu dua anak ini seperti dimuat Reuters.

Zuzana Caputova selama ini dijuluki “Slovakia's Erin Brockovich” setelah dia digambarkan dalam film 2000 oleh Julia Roberts. (F)

Ini Dia Dua Astronot Wanita Pertama Yang Lakukan Spacewalk

Sebelumnya

Cerita Ibu, Dua Kali Jalani Proses Bayi Tabung Demi Kehadiran Sang Buah Hati

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Women World