post image
Aminah Cendrakasih tetap semangat menjalani hari-harinya. (foto: falcon)
KOMENTAR

AMINAH Cendrakasih yang lebih dikenal dengan panggilan Mak Nyak karena perannya di Si Doel Anak Sekolahan diketahui telah lebih dari lima tahun menderita penyakit glaukoma hingga penglihatannya mengalami kerusakan permanen. Hebatnya, dengan kondisi sakit seperti itu, Mak Nyak tetap kuat menjalankan ibadah puasa.

“Puasa belum kalah. Nanti insya Allah tambah lagi seminggu di bulan Syawal,” ujarnya saat berbuka bersama dengan para kru Si Doel The Movie 2 yang mengunjungi kediamannya Pinang Mas, Tangerang (28/05/19).

Mak Nyak tidak mau menjadikan sakit yang ia derita sebagai alasan untuk meninggalkan kewajibannya sebagai seorang Muslim yaitu puasa Ramadan. Ia bahkan bertekad untuk melanjutkan berpuasa sunah enam hari di bulan Syawal. Seperti yang selalu ia lakukan setiap tahun.

Mak Nyak mengaku tidak ada kesulitan untuk menjalankan ibadah puasa di bulan suci. Sakit yang mendera seperti pegal-pegal, dianggap wajar olehnya mengingat usia yang sudah menginjak 81 tahun.

Terbaring lemah di atas kasur juga menjadikannya pantang menyerah. Ia tetap berusaha menghafal dialog dalam film Si Doel. Sosok Aminah sebagai Mak Nyak memang tidak tergantikan. Rano Karno pun sangat memperhatikan kesehatan Aminah dan menyediakan berbagai keperluan si Mak Nyak selama syuting.


Meski sakit, Mak Nyak mengaku tidak memiliki pantangan dalam urusan makan. Makan durian dan daging kambing tidak menjadi masalah. Semua baik-baik saja karena ia tak punya penyakit darah tinggi. Malah, dalam sebuah penelitian yang dilansir Asia One, ahli bedah mata mengatakan durian baik untuk kesehatan mata karena mengandung vitamin B tinggi yang mampu melawan katarak. (F)

Mengintip Playlist Musim Panas Barack Obama

Sebelumnya

Kental Akan Budaya Dan Romantika, Film Dokumenter Bali: Beats of Paradise Tuai Apresiasi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA