post image
KOMENTAR

TIONGKOK  memiliki beberapa wilayah  yang penduduknya lebih banyak beragama Muslim.  Di antaranya adalah Kampung Muslim di Kota Xian, sebuah kota kecil yang indah dengan sejarah Islamnya yang menarik.

Islam diperkirakan sudah masuk ke Kota Xian pada sekitar abad ke-7 lewat pedagang Arab dan Persia. Ini dibuktikan dengan keberadaan Great Mosque Xian yang berdiri sejak tahun 742 Masehi. Bahkan, Xian  masuk dalam salah satu titik yang dilewati dalam Jalur Sutera di tahun 1600-an.

Kota Xian saat ini dihuni oleh lebih 5 juta penduduk. Sejumlah 60.000 orang di antaranya beragam muslim. Mereka tinggal di sebuah kawasan muslim tertua di Tiongkok, yang sering disebut Kampung Muslim di Kota Xian.

Di Kota Xian terdapat 10 masjid. Mesjid  yang paling bersejarah berada dekat dengan Muslim Quarter, yaitu Great Mosque Xian. Bangunannya terdiri kayu. Tidak ada kubah yang besar atau menara masjid yang menjulang tinggi. Kita akan melihat bangunan seperti kelenteng. Atap masjidnya berbentuk runcing seperti yang biasa kita lihat di kelenteng.

Kota Xian disebut juga sebagai ‘Surganya kuliner Muslim Cina’. Salah satu jenis makanan halal yang paling terkenal di kota ini adalah Roupaomo sejenis bakmi daging kambing yang berisi suun, daging kambing, dan adonan bakmi yang dipotong kotak-kotak. Selain Roupaomo, di kota ini juga tersedia makanan ala timur tengah seperti Roti Cane ataupun Kare.

Di bulan Ramadan ini, restoran-restoran di sana menyiapkan banyak makanan pembuka puasa. Beberapa mesjid juga menyediakan takjil gratis bagi yang berbuka puasa.

Para Muslim di Tiongkok berpuasa selama 16 jam. Mahasiswa Muslim juga banyak di sana. Mereka lebih senang berbuka puasa dengan berkumpul di mesjid dilanjutkan dengan ibadah. (F)

Makna Hari Kemerdekaan Ke-74 Republik Indonesia

Sebelumnya

Makna dan Hakekat Idul Adha 1440 H

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Islamic World