KOMENTAR

MUNGKIN kebanyakan kita berpikir, mengantuk saat puasa dikarenakan kita harus bangun sahur. Jam tidur yang berkurang membuat kita mengantuk di siang hari.

Sebenarnya pada saat mengantuk yang terjadi pada tubuh adalah turunnya kadar gula darah hingga kita merasa mengantuk dan lelah. Menipisnya cadangan gula yang ada di dalam tubuh menyebabkan badan cepat letih dan timbul rasa kantuk.

Begitu antara lain diuraikan dokter dari Divisi Metabolik Endokrin Departemen Ilmu Penyakit Dalam Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), dr Wismandari Wisnu, SpPD, K-EMD, FINASIM, seperti dikutip dari detik.com.

"Nutrisi yang kita makan dipakai paling sampai 2 jam saja. Lebih dari 3 jam membongkar cadangan-cadangan di tubuh," ujarnya.

Cadangan gula yang berbentuk glikogen terdapat paling banyak di liver atau hati. Ada pula cadangan gula yang berupa lemak ditimbun di jaringan lemak. Cadangan gula tersebut kemudian dipecah untuk dijadikan energi.  Lama-kelamaan, kadar gula dalam darah pun akan menurun.

Itu sebabnya mengapa kita disarankan banyak mengonsumsi yang manis saat berbuka puasa untuk mengembalikan kadar gula.

"Kurma itu dia termasuk buah yang indeks glikemiknya sedang, di dalam buah ada serat. Kalau minum teh pake gula pasir kan nggak ada seratnya. Jadi pasti lebih unggul (kurma), 2-3 butir saja sudah cukup mengembalikan gula yang turun itu," saran dr Wismandari Wisnu.




Manfaat Kesehatan Air Lemon untuk Bantu Wujudkan Berat Badan Proporsional

Sebelumnya

8 Langkah Cegah Kerontokan Rambut Saat Puasa

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health