post image
KOMENTAR

ADA yang istimewa pada gelaran Muslim Fashion Festival (MUFFEST) 2019 yang berakhir 4 Mei lalu. Salah satu pengisi fashion show yaitu sekolah mode Islamic Fashion Institute (IFI) menampilkan parade karya siswa lulusannya yaitu Hafizhatun Nadia, Ulfah Lutfiah, Faza Shafa Azizah, Ade Cahya Tristyanthi, Devi Agusti Putri, Ajeng Fitri Anisi, Hanna Aulia Khadijah, Novi Kadarini, dan Yoon Sun Choi.

Nama terakhir di atas adalah disainer muda berbakat asal Korea. Yoon Sun Choi yang lebih dikenal dengan nama Sunny Choi, adalah lulusan IFI milik disainer busana muslim papan atas Irna Mutiara. Menggawangi brand Y5Star, inilah kali pertama Sunny tampil dalam fashion show di Indonesia.

Sunny melihat begitu banyak variasi busana muslim di Indonesia dan sangat adaptable. Itulah mengapa ia bersemangat untuk berkolaborasi dengan disainer busana muslim tanah air. Ia tertarik untuk memadukan Korean style dengan Islamic style. Menurut Sunny, ini juga menjadi satu jalan bagi disainer Indonesia untuk go international.

Ketertarikan Sunny untuk mempelajari disain busana, khususnya busana muslim, menjadi bagian dari keingintahuannya mempelajari kebudayaan Islam di Indonesia. Selain mendisain busana, Y5Star juga berkolaborasi dengan banyak partner untuk membuat produk lain seperti mainan anak, sajadah untuk traveling, burkini, dan kosmetik halal yang sudah dijual di Dubai, Jepang, dan beberapa negara lain. Y5Star yang disebut Sunny sebagai collaborating company ini juga memproduksi seragam sekolah yang menjadi nomor satu di negaranya. “Kami juga memproduksi seragam untuk siswa muslim,” ujar Sunny kepada farah.id.

Tak hanya bicara fesyen, Y5Star juga memiliki program pendidikan bagi para wirausahawan muda yang ingin mempelajari kebudayaan negara lain. Salah satunya dengan menjalin kerjasama dengan IFI. Ia mendatangkan orang-orang yang memang tertarik untuk mengenal dan mempelajari Islam. Meski mengaku bukan seorang Muslim, Sunny yang telah mempelajari Islam menganggap Islam tidak berbeda dengan yang lain. “It’s just a different culture,” ungkap perempuan yang tengah menempuh pendidikan di Australia ini.


Tentang pengertian budaya tersebut, Sunny mencontohkan pemakaian hijab yang menjadi sedemikian populer di Indonesia. Ia mengerti mengapa seorang muslimah mengenakan hijab. Tapi menurutnya, perempuan nonmuslim juga bisa mengenakan scarf yang serupa hijab. Sunny berharap bisa berkolaborasi dengan disainer Indonesia untuk bisa memberikan nuansa baru dalam berhijab.

Sunny juga akan memamerkan hasil rancangannya dan produk lain Y5Star pada event Ramadhan yang digelar di Plaza Indonesia, 7-14 Mei 2019. Untuk sementara, semua produk Y5Star baru dapat dipesan melalui pre-order. Sunny berencana ke depan akan membuka toko di Indonesia. (F)

Ini Wanita yang Ikut Menembus Batas Angkasa

Sebelumnya

Helen Blanchard dan Sejarah Mesin Jahit

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Women World