KOMENTAR

SETIAP hari kita melakukan banyak aktivitas.  Hal itu menbuat tubuh kehilangan banyak cairan. Seringkali kita tak menyadari bahwa tubuh yang lemas dan mudah lelah dipicu karena kurangnya cairan pada tubuh.

Untuk menunjang kesehatan tubuh, dibutuhkan sekitar 2,5 L air putih per hari untuk pria, dan sekitar 2,3 L air putih per hari untuk wanita dewasa.

Sebenarnya kebutuhan tersebut dipengaruhi oleh jumlah kebutuhan cairan yang berbeda pada setiap orang. Seperti kondisi medis, berat badan, suhu tubuh, dan seberapa besar aktivitas yang dilakukan.

Kondisi medis, misalnya. Ketika Anda demam, diare, atau muntah, tubuh akan kehilangan cairan. Pada saat itulah Anda harus mengonsumsi air lebih banyak dari biasanya, bahkan dokter  memberikan Anda cairan oralit.

Aktivitas yang berat, misalnya berolah raga. Anda membutuhkan konsumsi air ekstra sekitar 1.5 sampai 2.5 gelas untuk menggantikan cairan yang hilang. Begitu pun ketika Anda melakukan pekerjaan atau kegiatan fisik yang memorsir keluarnya keringat. The American College of Sports Medicine menyarankan untuk mengonsumsi sekitar 0,5 liter cairan saat dua jam sebelum olahraga

Lingkungan yang panas dan lembab juga membuat Anda membutuhkan cairan tubuh ekstra. Begitu pula jika Anda berada di ketinggian lebih dari 2.500 meter, karena hal tersebut dapat memicu peningkatan napas.

Untuk ibu hamil atau menyusui membutuhkan tambahan cairan. The Institute of Medicine merekomendasikan wanita hamil untuk mengonsumsi 10 gelas air per hari dan wanita menyusui sebanyak 13 gelas air per hari.




Kenali Ciri-Ciri Nyamuk Aedes Aegypti yang Jadi Penyebab Demam Berdarah

Sebelumnya

Cara Tepat Merawat Luka Bakar untuk Mencegah Infeksi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health