KOMENTAR

SEIRING meningkatnya mobilitas warga kota besar, kendaraan bermotor menjadi pilihan utama untuk bepergian dari satu tempat ke tempat lainnya. Jumlah kendaraan di jalan seringkali melampaui kapasitas jalan sehingga gesekan dan kecelakaan seringkali terjadi. Jika kecelakaan terjadi, maka pengobatan dan perawatan luka harus dilakukan sesegera mungkin untuk mencegah infeksi dan berkembangnya luka menjadi penyakit yang lebih serius.

Step By Step

Pertama: Penanganan pertama luka kecelakaan bertujuan untuk menghentikan pendarahan. Cara sederhana menghentikan pendarahan dapat dilakukan dengan menekan bagian yang luka dengan kain bersih. Namun jika luka cukup parah dan tidak dapat menghentikan pendarahan maka harus dibawa ke dokter untuk mendapat perawatan secepatnya.

Kedua: Pembersihan luka. Luka memiliki risiko infeksi karena bakteri dan kotoran yang terbawa dari permukaan jalan dan menempel di kulit ketika terjadi kecelakaan. Cara membersihkan luka adalah mencucinya dengan air bersih yang mengalir. Usahakan aliran air memiliki tekanan sedang agar bisa membawa kotoran jatuh dengan sendirinya

Upayakan tidak mengorek-ngorek luka karena dapat berisiko kulit di sekitar luka ikut sobek dan luka melebar. Untuk kasus-kasus luka yang dalam, lebar dan mengandung banyak kotoran sebaiknya ditangani dokter spesialis luka yang memang memiliki keahlian di bidangnya. Besar kemungkinan luka jenis tersebut membutuhkan obat antibiotik yang tepat dan  didapatkan lewat resep dokter spesialis

Rawat Luka Anda

Tahap akhir perawatan luka: Menutup luka dengan penutup yang higienis dan steril. Meski banyak artikel yang memberikan petunjuk tentang tata cara menutup luka dengan kain kasa, ada baiknya jika Anda hanya mengikuti saran dari dokter terlebih dahulu. Saran tersebut berguna agar luka yang dialami tidak mengalami trauma, infeksi, dan mengalami gangguan dalam proses penyembuhan. Saran dokter juga akan menentukan kapan penutup luka perlu diganti. Jika dalam proses penyembuhan Anda mengalami komplikasi penyakit lain, segera kunjungi dokter spesialis luka Anda agar mendapat tindakan medis secepatnya. (F/M. Sadan)




8 Langkah Cegah Kerontokan Rambut Saat Puasa

Sebelumnya

Benarkah Puasa Dapat Menyebabkan Kerontokan Rambut pada Perempuan Berhijab?

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health