post image
KOMENTAR

SENANGNYA ketika liburan tiba, travelling bersama teman atau keluarga tercinta menjadi salah satu agenda yang paling ditunggu. Namun apa daya, semua kesenangan yang sudah di depan mata terganggu oleh kondisi perut yang tidak bisa di tolerir. Ya! Perut kembung, pernahkah ladies mengalami kondisi ini ketika bepergian yang menyebabkan perjalanan tersebut terasa lama dan menyiksa?

Apa penyebab perut kembung? Dilansir dari pegipegi.com, perut kembung terjadi karena meningkatnya jumlah gas di dalam saluran pencernaan. Kondisi ini menyebabkan perut terasa tidak nyaman, apalagi jika ladies juga memiliki nyeri lambung. Jika kondisi ini dibiarkan, akan berdampak ke penyakit lain, seperti liver, tipes, maag, masalah di empedu, juga pankreas.

Ketika perut kembung, biasanya perut terasa nyeri, kembung, banyak sendawa, dengan intensitas buang angin yang sering. Untuk sebagian orang, bahkan bisa buang angin lebih dari 10 kali dalam sehari. Jika kita berada di dalam kendaraan, tentunya sangat menggangu ya ladies, dan semakin kita menahan angin tersebut keluar, akan semakin terasa tertekan perut kita. Yuk! Lakukan ini untuk mencegah perut kembung terjadi:

  1. Perbanyak minum air putih, hindari minuman bersoda

Air putih memang dikenal dapat mencegah beragam penyakit. Biasakan minum air putih sebanyak 8-10 gelas perhari.Karena air putih dapat meluruhkan toksin yang ada di dalam tubuh, meningkatkan daya tahan tubuh, membunuh kuman atau bakteri, serta melembabkan kulit. Hindari minuman bersoda yang akan menambah jumlah gas di dalam perut kita.

       2. Makan dengan porsi kecil

Mulai sekarang, biasakan makan dengan porsi kecil namun sering. Selain berdampak terhadap kegemukan, makan dalam porsi besar juga akan meningkatkan resiko perut kembung bertambah parah.

       3. Kurangi makanan berminyak

Makanan berminyak selain dapat menyebabkan kegemukan, kolesterol, wajah berjerawat, ternyata juga dapat memicu perut kembung. Karena itu, hindari mengkonsumsi terlalu banyak makanan berminyak, apalagi jika ladies sedang dalam perjalanan jauh.

 

 

       4. Kunyah makanan dengan perlahan hingga halus

Mengunyah makanan hingga halus sebelum ditelan menyebabkan makanan dipecah menjadi partikel yang lebih kecil, sehingga makanan tersebut akan lebih mudah memasuki saluran pencernaan dan diserap baik oleh tubuh. Makan terlalu cepat menyebabkan makanan yang kita makan tidak bisa dicerna dengan baik, sehingga memicu perut kembung.

       5. Hindari penggunaan sedotan

Penggunaan sedotan ketika minum ternyata memicu udara lebih banyak masuk ke dalam tubuh. Sebaiknya, minum langsung dari wadahnya ya ladies.

       6. Olahraga

Meskipun kita sedang traveling, kita tetap bisa berolahraga kok ladies. Misalnya, hiking, berenang, maupaun lari pagi di tempat kita menginap. Jadi, tidak ada alasan untuk bermalas-malasan ya ketika traveling.

       7. Hindari rokok

Rokok menyebabkan beragam penyakit, pun begitu dengan perut kembung. Ternyata, rokok merupakan salah satu pemicu perut kita menjadi kembung. Jadi, apapun alasannya, hindari rokok untuk hidup yang lebih sehat ya, ladies!

Jangan panik jika perut terlanjur kembung. Berikut ini cara mengatasinya:

  1. Minum air hangat

Air hangat akan membantu mengeluarkan banyak udara di dalam perut dan membuat perut terasa lebih nyaman. Lebih manjur jika ditambahkan irisan jahe.

       2. Gunakan minyak angin

Jangan lupa selalu membawa minyak angin ya ladies, selain berguna untuk meredakan mabuk di perjalanan, minyak angin juga sangat manjur untuk meredakan perut kembung. Perut yang hangat akan memudahkan angin keluar dari perut.

      3. Hindari minum soda

Ketika perut sudah kembung, meminum minuman bersoda akan makin memperparah kondisi perut kita, bahkan bisa menyebabkan sakit maag.

9 Tips "Berdamai" Dengan Depresi Ala Psikolog Mellissa Grace

Sebelumnya

Kisah Ibu Galang Dana Untuk Sembuhkan ‘Sisik’ Sang Anak

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health World