post image
KOMENTAR

SEMUA calon wakil rakyat harus berjuang untuk rakyat dalam segala bidang kehidupan. Wakil rakyat adalah contoh nyata manusia yang mampu memberi manfaat bagi sesama. “Alasan itulah yang membuat saya tergerak.”

Selain menjalani aktivitas di dunia hiburan tanah air, Eksanti aktif dalam kegiatan sosial keagamaan. Ia merupakan penggagas Komunitas Artis Penggiat Halal serta aktif sebagai koordinator Pengajian Komunitas Orbit. Di pengajian itulah Eksanti semakin mengenal dekat mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin. Pun dalam berbagai aktivitas sosial keagamaannya, ia juga banyak bersentuhan dengan para tokoh-tokoh politik dari Partai Amanat Nasional (PAN). Dengan latar belakang itulah, tahun ini, Eksanti akhirnya maju mencalonkan diri sebagai anggota DPR RI Daerah Pemilihan Jawa Barat II dari PAN. Ia merasa inilah waktunya menjalankan “amanah”, menjadi bermanfaat bagi masyarakat luas demi tercapainya bangsa yang sejahtera.

Perempuan kelahiran Jakarta, 22 Desember 1973 ini pernah menjadi Mojang Parahyangan juga Putri Citra dan Ratu Citra Wanita Indonesia. Ia memulai profesi sebagai pekerja seni sejak 1996, dan hingga kini masih membintangi sinetron dan FTV. Eksanti juga memulai debutnya di ranah industri busana muslim sejak 2013 dan meraih sukses hingga ke Malaysia. Eksanti memilih fokus pada busana muslim syar’i dan kerudung panjang yang menampilkan keanggunan seorang muslimah. Tahun lalu, ia juga berkesempatan berkolaborasi dengan satu brand fesyen muslim ternama Indonesia.

Dengan menjadi caleg, tentu saja kesibukan artis spesialis peran protagonis ini makin padat. Ia bahkan harus bolak-balik Bandung-Jakarta agar syuting dan sosialisasi visi dan misinya sebagai caleg dapat berjalan seimbang. Toh, semua dilakoni Eksanti dengan rasa bahagia dan ikhlas. Ia merasakan kenikmatan batin manakala dapat bertemu masyarakat di dapilnya, mendengar keluh kesah dan berbagi aspirasi dengan mereka. Tak lupa, ia juga selalu menyisipkan pesan-pesan agama, pentingnya memasukkan nilai-nlai agama ke dalam aktivitas sehari-hari. Bagaimana artis yang juga dikenal sebagai womanpreneur ini memantapkan hati terjun ke politik?

F: Sejak kapan terjun ke dunia politik? Mengapa tertarik dengan dunia politik?

E: Sebetulnya ajakan untuk masuk ke partai politik sudah sejak lama. Ada beberapa partai menawarkan saya bergabung, bahkan ada yang menawari menjadi wakil pimpinan daerah. Tetapi saat itu hati saya kok, sepertinya belum tergerak. Baru pada pemilu sekarang tergerak untuk maju ke kancah politik, walaupun selama ini saya sudah sering ikut terlibat dalam kegiatan di beberapa organisasi dan komunitas di masyarakat.

F: Bagaimana menyiapkan diri untuk bertarung dalam Pileg?

E: Yang pasti saya harus mempersiapkan lahir dan batin untuk berikhtiar sebagai calon legislatif. Selain tentunya terus belajar, juga menambah wawasan dan pengetahuan mengenai ilmu sosial-politik, kemasyarakatan, industri kreatif. Proses belajarnya bisa melalui bertanya pada teman atau orang yang memang berkompeten di bidangnya, membaca buku, internet, serta menghadiri diskusi-diskusi.

F: Apa prioritas utama yang Mbak perjuangkan?

Perempuan Jenius Penemu Komputer Mekanika Pertama

Sebelumnya

Berjuang Mewujudkan Filosofi Sukses Mulia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Women World