post image
KOMENTAR

SETIAP melangkahkan kaki keluar rumah, kita selalu merasa was-was karena kerap mendapati pasangan ‘tebar pesona’ dengan lawan jenis. Alhasil, jalan-jalan ke mal tau tempat wisata menjadi sesuatu yang menyiksa batin.

Jika perasaan was-was itu tak kunjung mereda, kita dapat mengajaknya bicara baik-baik dari hati ke hati. Bukan tidak mungkin pasangan tidak merasa bersalah karena menganggap tindak tanduknya biasa-biasa saja. Kita saja yang bak ‘kebakaran jenggot’ karena wajah tampan dan postur tubuh atletisnya bak magnet bagi kaum hawa untuk melirik dan tersenyum padanya.

Kita bisa memulai pembicaraan dengan kalimat seperti, “Kamu sadar nggak sih, hampir semua perempuan yang melihat kamu pasti tersenyum manis dan nggak berkedip…”

Jika dia selalu berdalih dengan mengatakan dia hanya membalas senyum orang lain sebagai tanda sopan santun, kita bisa mengatakan padanya bahwa senyumnya bisa salah diartikan perempuan lain. Ia tentu sama tak senangnya jika mendapati kita membalas senyum laki-laki lain dengan wajah sumringah.

Bersikap ramah dengan orang lain tentu ada batasannya, apalagi terhadap lawan jenis. Islam menegaskan untuk menjaga pandangan antarlawan jenis. Menjaga pandangan inilah yang akan menjauhkan kita dari su’udzan (prasangka buruk) dan meredam nafsu syahwat yang kerap ditiupkan syetan melalui mata lalu masuk ke pikiran dan hati.

Suami yang saleh, yang ingin menjadi imam terbaik bagi pasangannya, tentu akan senantiasa menjaga akhlaknya agar terhindar dari fitnah. Paras rupawan tidak boleh menjadi sumber fitnah yang bisa merenggangkan hubungan dengan istri tercinta.

Pun sebaliknya, seorang istri yang salehah harus selalu menjaga kehormatan dirinya. Bagaimana berpakaian menutup aurat, bertutur kata santun, dan berperilaku sesuai syariat Islam. Dengan begitu, kita tidak ‘mengundang’ orang untuk merusak keharmonisan hubungan kita dengan pasangan. (F)

Tiga Tips Jitu Kurangi Stres Ala Marie Kondo

Sebelumnya

Cerita Seorang Ibu Tangani Bocah Autis Ngambek Di Dalam Pesawat

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Family World