post image
KOMENTAR

FENOMENA Mukbang yang banyak diunggah di media sosial akhir-akhir ini kadang membuat geleng-geleng kepala tidak percaya. Bagaimana tidak, seorang mukbanger mampu menghabiskan makanan hingga 5kg sendirian. Wow!

Mukbang, muk-bang atau meokbang sendiri berasal dari bahasa Korea yang bisa diartikan sebagai sebuah siaran langsung rekaman visual seseorang yang tengah menyantap makanan dalam jumlah besar sambil berinteraksi dengan audiensnya. Mukbang populer di Korea Selatan pada 2010-an.

Yuka Kinoshita, seorang YouTuber asal Jepang mulai fokus di kanal “makan” pada 2014, lima tahun setelah ia mengikuti kompetisi makan di Jepang. Di setiap video yang diunggahnya, Yuka selalu menghabiskan makanan yang ada dihadapannya, bahkan hingga sebanyak 5kg.

Sementara di dalam negeri, ada beberapa nama YouTuber yang juga selalu menayangkan video makan, seperti Magdalena dan Bara Ilham atau yang lebih dikenal dengan nama kanal tanboy kun. Mereka juga selalu menampilkan video mukbang dengan makanan dalam jumlah besar.

Kapasitas Lambung

Lambung atau ventrikulus merupakan organ berbentuk kantong yang terletak di bawah sekat rongga badan. Lambung berfungsi sebagai tempat mencerna makanan dan menyerap sejumlah kecil sari-sari makanan. Volume lambung manusia dewasa dalam keadaan santai, sekitar 1,5 liter. Namun, ukuran lambung bisa mengembang (distensible) hingga 2-3 liter.

Lalu bagaimana dengan para mukbanger yang mampu mengkonsumsi makanan hingga kiloan hanya dalam sekali waktu makan? Apakah mereka tidak khawatir dengan kondisi lambung yang dijejali begitu banyak makanan, bahkan bisa dibilang sangat berlebihan.

Pandangan Islam

Dalam Islam, jelas sekali peraturan mengenai makan berlebihan karena dapat mengganggu fisik dan mental. Manusia diperintah Allah untuk makan secukupnya saja dan tidak berlebihan.

“Makan dan minumlah, tetapi jangan berlebihan.” (QS. Al-A’raf: 31)

Imam Asy-Syafi’i rahimahullah menjelaskan bahaya kekenyangan karena penuhnya perut dengan makanan, “Kekenyangan membuat badan menjadi berat, hati menjadi keras, menghilangkan kecerdasan, membuat sering tidur dan lemah untuk beribadah.”

Segi Kesehatan

Dilansir dari detikhealth, dr. Titi Sekarindah, SpGK, dari Rumah Sakit Pusat Pertamina Kebayoran menyatakan mukbang dapat menimbulkan bahaya-bahaya lainnya untuk kesehatan, terutama pada pencernaan.

Karena ususnya dibebani begitu banyak makanan, nanti bisa bermasalah (apalagi kalau pedas), lambung jadi melebar, kemudian iritasi atau bisa jadi Gastroesophageal Reflux Disease (GERD). Untuk yang memiliki diabetes atau masalah gangguan metabolisme dengan melakukan Mukbang gula darah bisa meningkat.

Mulai tahun depan, di negara asalnya, Korea Selatan, mukbang akan dilarang karena diduga menjadi pencetus naiknya angka obesitas. Apapun yang terlalu berlebihan memang tidak baik, karena itu sayangilah kesehatan kita. (F)

India Bersiap Larang Rokok Elektrik?

Sebelumnya

Kunci Tekan Resiko Kematian Dini: Sedikit Duduk, Banyak Bergerak

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health World