post image
KOMENTAR

HARI raya umat Muslim dalam satu minggu ada pada hari Jumat.  Di hari itu banyak amalan sunnah yang bisa dikerjakan. Banyak kesempatan untuk meraih pahala serta menghapus dosa. Untuk kaum muslimah, berikut adalah amalan-amalan yang bisa kita jalankan di hari Jumat.

Perbanyak Membaca Shalawat

Membaca shalawat untuk hari biasa, itu sudah akan memberikan banyak kelimpahan pahala dan syafaat Rasul kelak di yaumil kiyamah, khususnya jika ini dilakukan pada hari yang paling istimewa yaitu hari Jumat.

Rasulullah SAW bersabda, “Perbanyaklah shalawat kepadaku pada setiap hari Jum’at. Karena shalawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap Jum’at. Barangsiapa yang banyak bershalawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti“. (HR. Al-Baihaqi)

Rasulullah SAW juga bersabda, “Perbanyaklah shalawat kepadaku pada hari jum’at, maka sesungguhnya ia disaksikan, disaksikan para Malaikat. Dan sungguh, sekali-kali tidaklah salah seorang diantara kalian bershalawat kepadaku kecuali shalawatnya akan ditampakkan kepadaku hingga dia selesai“. (HR. Ibnu Majah)

“Sesungguhnya hari yang paling utama bagi kalian adalah hari Jum’at, maka perbanyaklah shalawat kepadaku di dalamnya, karena shalawat kalian akan disampaikan kepadaku”. (H.R. Abu Dawud, Ibnu Majah, An Nasa’i)

Perbanyaklah Doa

Panjatkanlah juga doa yang baik di hari Jumat dan lebih banyak juga mengingat akan Allah seperti yang sudah dikatakan Rasulullah SAW saat berbicara tentang hari Jumat.

Rasulullah SAW bersabda, “Pada hari itu ada saat yang tidaklah seorang hamba muslim bertepatan dengannya dalam keadaan dia berdiri shalat yang ia meminta sesuatu kepada Allah SWT melainkan akan dikabulkan oleh-Nya“. (HR. Bukhari)

Perempuan Pedang Allah dalam Sejarah

Sebelumnya

Layaknya Saudara, Hati Umat Islam Menyatu

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Islamic World