KOMENTAR

ZAMZAM adalah air yang luar biasa dilihat dari segi agama maupun manfaatnya dari segi kesehatan. Jika kita berbicara tentang sejarah Zamzam, kita akan membicarakan ketakwaan Siti Hajar, perjuangannya tujuh kali bolak-balik dari bukit Shafa ke Marwa demi mendapatkan pengisi perut si kecil Ismail yang kelaparan. Air yang kemudian muncul dari hentakan demi hentakan kaki Ismail itu adalah bukti kekuasaan Allah yang terlihat jelas hingga hari ini. “Air terbaik yang ada di seluruh bumi ialah air Zamzam.” (HR. Thabrani)

Air Zamzam juga digunakan untuk mencuci dada Rasulullah saw. Ini mengisyaratkan keutamaan Zamzam sebagai air yang dapat menenangkan jiwa, meneguhkan hati, dan memotivasi diri terutama dalam perjuangan di jalan Allah.

Air Zamzam adalah air yang dipenuhi barakah Allah dan menjadi ‘makanan’ pembangkit selera yang mengenyangkan. Dalam sebuah riwayat diceritakan Abu Dzar ra. yang merasa kenyang dan bertambah gemuk walaupun berhari-hari hanya minum air Zamzam.

Karena kehadirannya di muka bumi adalah tanda kasih sayang Allah pada hambaNya sekaligus menyajikan tanda-tanda ketaatan hamba pada Sang Khalik, maka air Zamzam menjadi air terbaik. Seperti doa yang kita panjatkan sebelum meminumnya:

“Allahumma inni as-aluka ‘ilman naafi’an wa rizqan waa si’an wa syifaa’an min kulli daa-in” yang artinya “Ya Allah, aku memohon padaMu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang luas, dan kesembuhan dari segala macam penyakit.”




Hubbu Syahwat

Sebelumnya

Bukankah Aku Ini Tuhanmu?

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Tadabbur