KOMENTAR

PEREMPUAN tentu ingin selalu dibilang cantik. Dan demi tampil cantik tersebut, mereka rela merogoh kocek dalam-dalam untuk membeli kosmetik. Hal inilah yang banyak dimanfaatkan oleh produsen kosmetik. Namun, untuk tampil cantik juga dituntut kecerdasan. Anda harus waspada dengan banyaknya produk kosmetik palsu beredar di tengah masyarakat.

Apa saja ciri-ciri kosmetik palsu yang harus kita ketahui?

  • Tidak ada izin Badan POM

Ini merupakan hal pertama yang harus diperhatikan ketika membeli produk kosmetik. Melalui website BPOM http://www.pom.go.idBadan POM mengajak masyarakat luas untuk Menjadi Konsumen Cerdas, dan Ingat Selalu Cek KLIK sebelum membeli produk.

Kemasan, pastikan untuk selalu mengecek kemasan dalam keadaan baik, tidak berlubang, sobek, penyok, dan lain-lain. Label, baca informasi produk yang tertera pada label dengan cermat. Izin edar, pastikan produk yang dibeli memiliki izin edar dari Badan POM, izin edar dapat dicek melalui aplikasi android CEK BPOM, yang terakhir adalah Kedaluwarsa, pastikan produk yang dibeli tidak melebihi batas kedaluwarsa.

  • Tidak ada keterangan kandungan bahan baku

        Bagaimana memastikan produk itu aman untuk kulit jika tidak tertera bahan baku yang digunakan?

  • Tidak mencantumkan keterangan kantor produsen-distributor

Tidak ada nama produsen, alamat, web, email, atau nomor kontak untuk konsumen patut menjadi satu tanda kecurigaan bahwa produk tersebut ilegal.

  • Memiliki warna, tekstur, dan bau yang tidak wajar

Apabila sudah terlanjur membeli, amati warna, tekstur, juga aromanya. Kosmetik yang memiliki warna menyolok serta aroma yang menyengat, diduga mengandung zat pewarna dan pewangi yang kemungkinan dapat menyebabkan alergi bahkan merusak kulit.

  • Harga relatif murah dan mudah didapat

Jangan pernah tergiur dengan harga murah bahkan jauh lebih murah dari harga di counter resmi produk tersebut.

Ladies, jadilah konsumen cerdas!




Masnu’ah, Pahlawan Ketidakadilan Gender di Pesisir Demak

Sebelumnya

Bangkit dari Titik Terendah, Sri Mulyani Ingat Pesan Ibu untuk Berpegang Teguh pada 3 Hal Ini

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Women