post image
KOMENTAR

RUMAH Sakit Jantung Diagram Siloam Hospitals Group, menggelar media gathering bertajuk "Penanganan Emergency Pasien Serangan Jantung Akut" Rabu (5/12).

Hospital Director, Dr. Hoyi Siantoresmi, MARS menjelaskan bahwa acara ini sarana untuk berbagi informasi dan mengedukasi masyarakat luas mengenai penanganan kegawatdaruratan penyakit jantung. Kenapa ini dianggap penting? Karena penyakit jantung merupakan Silent Killer--sering tidak menampakkam gejala, namun tiba-tiba muncul serangan yang mematikan. Dan masih banyak masyarakat  awam yang belum mengetahui bagaimana cara penanganan dan cara pencegahan penyakit jantung yang tepat.

Lebih jauh Dr. Hoyi menjelaskan bahwa RS. Jantung Diagram saat ini sudah melayani pasien BPJS. Ia juga menegaskan kelebihan dan keunggulan yang ditawarkan oleh RS. Jantung Diagram yang terletak di Jl. Maribaya No. 1 Puri Cinere, Depok. Yaitu dengan memberikan  pelayanan 24/7, yaitu dokter spesialis jantung siaga 24 jam 7 hari seminggu serta Pelayanan Primary PCI.

Dr. M. Barri Fahmi, SpJP (Interventional Cardiologist). Menjelaskan mengenai serangan jantung dan penanganan emergency pasien serangan jantung akut.

Posisi jantung manusia bukan ada di kiri dada, melainkan terletak di tengah dada dengan ujung menghadap kiri. Artinya keluhan jantung bisa di dada atau di ulu hati. Apabila ada keluhan sakit di ulu hati, bisa jadi itu bukan sakit maag melainkan sakit jantung bagian bawah. Gejalanya mirip sakit maag yang tidak membaik meskipun pasien sudah makan dan sudah diberikan obat-obatan maag.

Menurut Dr. Barri, tindakan awal yang bisa diambil apabila mendapati orang yang  terkena serangan jantung adalah melonggarkan pakaiannya, kendurkan ikat pinggang, buat pasien senyaman mungkin dan tetap rileks, pandu pasien untuk menarik dan membuang nafas senyaman mungkin,  usahakan agar pasien tetap sadar  dengan mengajaknya bicara dan segera larikan ke IGD Rumah Sakit yang ada dokter jantungnya, agar tidak berpindah-pindah IGD lagi.

Apabila orang tua atau di keluarga ada riwayat penyakit jantung, usahakan anggota keluarga  lainnya juga memeriksakan kesehatan jantungnya. Karena meskipun sebagian besar penyakit jantung disebabkan oleh gaya hidup, tetapi faktor genetik juga mempengaruhi.

Gejala Penyakit Jantung Memiliki 3 Ciri Khas yaitu

1. Sifat; dada terasa ditekan atau di tindih, diremas, terasa tumpul atau tebal. Bukan seperti di tusuk atau disayat benda tajam.  Berlangsung berkisar 15-20 menit.

Temukan Bakat untuk Generasi Hebat

Sebelumnya

Membicarakan Fake News Sambil Mengintip Tren Warna, Model Busana dan Hijab di Tahun 2019

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Event